Sabtu, 30 Juni 2012

90% Pembeli Ciputra World 2 Gunakan Installment

RumahCom - Menyambut semester kedua 2012, banyak pengembang mengatakan optimistis bisa meraup untung di sektor properti. Namun bagi Artadinata Djangkar, optimisme ini harus diimbangi dengan kehati-hatian.

Bagi direktur PT Ciputra Property, Tbk ini, pengembang sebaiknya hati-hati dalam meluncurkan proyek baru, terutama proyek jangka panjang. Sementara untuk proyek seperti Ciputra World, imbuh Artadinata, penjualannya tergolong baik. “Sejak dipasarkan beberapa bulan lalu, dua tower di Ciputra World 2 sudah terjual separuhnya,” ungkapnya.


Saat ditanya seputar penerapan peraturan loan to value (LTV) 70% 15 Juni mendatang, Artadinata menyatakan proyek Ciputra World tidak terpengaruh. “Dari pembeli yang telah melakukan transkasi, pengguna KPA hanya 5%, dan memang sudah dari dulu konsumen pengguna KPA  membayar DP 30%,” jelasnya.

“Di sisi lain, konsumen yang mencicil lewat fasilitas installment selama 30 bulan, sebanyak 90%, sementara 5% sisanya membayar dengan hard cash. Jadi memang peraturan LTV baru tidak terpengaruh.”

Melihat kondisi penjualan yang baik, Artadinata yakin prospek bisnis apartemen masih bagus. “Memang masih banyak orang yang suka tinggal di landed house, tetapi harga rumah sekarang sudah mahal. Rumah dengan tanah 150 meter persegi di kawasan Serpong sudah mencapai Rp2 miliar. Nah, dengan Rp2 miliar, mereka sudah bisa beli apartemen yang lebih kecil di tengah kota,” paparnya.

Namun, Artadinata tak menutup mata jika sebagian besar pembeli apartemen adalah investor, karena investasi apartemen, menurutnya masih sangat baik. “Para investor bisa mendapat rental yield (pengembalian dari sewa) sekitar 7%, atau lebih tinggi dibanding negara lain,” kata Artadinata yang mengatakan yield di pasar global masih di bawah 5%.

“Untuk jumlah investor, memang susah ditebak, tapi dugaan saya, di Ciputra World 2 jumlahnya lebih dari 50%. Banyak di antara mereka yang ‘menyimpan’ untuk tempat tinggal anaknya kelak, dan saat ini unit tersebut masih disewakan,” pungkasnya.

Anto Erawan
antoerawan@rumah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar